Home > Unek-unek > Syarat-syarat KPR Bersubsidi (Bag.2)

Syarat-syarat KPR Bersubsidi (Bag.2)

property

Halo temans!

kali ini adegondang mau melanjutkan posting mengenai Syarat-syarat KPR Bersubsidi yang sudah dibahas sebelumnya, setelah 5 bulan berjalan membayar cicilan DP untuk KPR tiba-tiba ada kabar dari sales (baca: Marketing) bahwa rumah sudah hampir finish pembangunannya dan biasanya kalau sudah lebih dari 70% tahap pembangunan maka pihak Bank akan melakukan sesi akad kredit!

Owh…! betapa terkejutnya saya waktu itu🙄 karena perkiraan saya baru beberapa bulan lagi akadnya! Lalu apa yang terjadi saudara-saudara……? (musik tegang!)

Dan benar saja saya menerima SMS ke handphone saya dari developer bahwa saya diundang untuk akad kredit di Kantor Bank BTN  di Cikokol Tangerang karena perumahan yang diambil memang didaerah Tangerang. Untuk acara akad nya sih saya tidak ada masalah bisa minta ijin kantor untuk lebih awal, tapi yang jadi masalah adalah syarat-syarat untuk mengikuti akad kredit tersebut!😀 .

Syarat yang umum untuk mengikuti akad kredit perumahan yaitu Lunas Biaya-biaya meliputi DP, biaya-biaya lain seperti BPHTB, kelebihan tanah (hook), biaya KPR dll. Lalu materai dan buku tabungan asli dengan saldo yang cukup untuk biaya propisi dan pembayaran pertama angsuran rumah. Dan ternyata adegondang ada yang belum terpenuhi🙄

contoh_rumah

Satu minggu setelah SMS pemberitahuan akad maka hari H akad pun tiba, banyak yang akad kredit hari itu termasuk saya!😀 yang harus dibawa hanyalah pulpen atau ballpoint karena bakalan banyak paraf dan tanda tangan! ada 2 sesi akad kredit yaitu pertama pertemuan dengan notaris dan yang kedua pertemuan dengan pihak Bank. Hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran Luas Tanah nya harus sama dengan yang kita ajukan karena bisa jadi hooknya tidak tertera disurat perjanjian dengan notaris dan rumah harus sudah dibangun minimal 70%.

Sebelum akad kredit nasabah dijelaskan terlebih dahulu mengenai ketentuan-ketentuan tentang kredit rumah sehingga ketika penanda tanganan Perjanjian Kredit semuanya sudah jelas. Dan pada akhirnya tinggal ambil kunci di kantor pemasaran! Siap-siap renovasi karena rumah subsidi dibangun apa adanya!😀

==========================

Baca Juga :

  1. April 11, 2014 at 8:29 am

    Selamat gan, rumah emang cocok2an, waktu ane nyari rumah perasaan kaga pernah dapet yang angsuran dibawah 1,5jt, kebanyakan 2jt, pdhl pengennya yg dibawah 1jtan. Ada yang masih ngganjel nih, itu statusnya masih HGB kan ya, kalo mau SHM harus nungguin lunas dulu atau gimana? kalo diurusnya nanti setelah lunas (berati sekitar 15tahun kedepan) harganya bisa mahal. Soalnya ane lupa waktu akad kredit ga nanya, cuman iya2 doang. pengalaman sodara ada yang mau balik nama (apa ya namanya?) menyentuh 200jt.

  2. April 11, 2014 at 10:04 am

    Iya penting itu ditanyain ketika berhadapan langsung dengan notaris dan pihak Bank, klo yang punya ane dibilang sih SHM, dan jangan lupa hook nya karena data dinotaris masih luas tanahnya sma dengan yg di brosur!😀

    • April 11, 2014 at 11:14 am

      Barusan konfirmasi ke salesnya, katanya masih SHGB setelah lunas baru di proses ke BPN. Bingung juga sih dulu kata notarisnya udah SHM, di surat perjanjiannya juga udah SHM.

  3. April 12, 2014 at 2:10 am

    Bisa jadi prosesnya seperti itu! hanya saja perlu dicatat kita sebagai nasabah tidak mengeluarkan biaya lagi!😀

  4. April 20, 2014 at 8:04 am

    Ya…yang penting semangat terus untuk memliki rumah BTN walau banyak renovasi nantinya😆

  5. annisa
    May 8, 2014 at 3:54 am

    boleh tau gak isi dari perjanjian.a?
    untuk bhan penelitian skripsi buat aku. .

    • May 8, 2014 at 3:58 am

      Bisa, tar coba gw cari dulu berkas2nya.

      Pas akad kredit yg gw tanda tangani ada sekitar 100-150 halaman.

      Sent from my BlackBerry®
      powered by Sinyal Kuat INDOSAT

  6. May 8, 2014 at 4:18 am

    Iya betul banyak yang diparaf 1 bundel gitu!😀

  7. July 20, 2014 at 10:15 am

    Saya jg lg mau ajuin kpr gan.cukup stres n deg2an jg.takut klo disuruh tambah dp sama bank.blm lg biaya2 yg besar untuk notaris bphtb dll..selamat atas kepemilikan rumah barunya

  8. putri j. kolopaking
    September 15, 2014 at 12:49 pm

    Oiya gaann 1 lg , hehehe
    Klo untuk surat2 nya diberikan kapan ya ? Saat deal di pameran atauu bisa nyusul
    Menurut pengalaman agan gimana,,

    Maaff ya gaann byak tanyaaa

    • September 16, 2014 at 2:25 am

      Untuk Surat2 nya yang diberikan yaitu 1 minggu setelah akad berupa salinan Perjanjian Kontrak (PK). Sedangkan Sertifikat nanti jika sudah dekat pelunasan akan dibuatkan SHM nya.

  9. edy
    January 26, 2016 at 9:37 am

    Gan kalo dp belum lunas pas akad itu gimana ya?

  10. January 27, 2016 at 2:55 am

    Jadwal akad biasanya 3 kali Akad selang beberapa bulan, jika akad pertama DP belum lunas biasanya di tunggu lunas sampe akad berikutnya, jadi belum bisa ikut akad dulu!😀

  1. April 12, 2014 at 7:10 am
  2. September 4, 2014 at 10:38 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: